28 September 2014

Revitalisasi MPV ala Mitsubishi

SEBAGAI tempat berkumpul hampir seluruh pabrikan yang bermain di pasar otomotif Indonesia, amat wajar jika di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) selalu muncul bocoran soal produk masa depan yang sedang disiapkan.

Tidak sekadar model-model mobil satudua tahun yang akan datang. Yang bakal terlihat batang hidungnya tiga tahun dari sekarang pun telah terbuka tabirnya sedikit demi sedikit.

Seperti Mitsubishi, yang membeberkan sedikit detail tentang model low multi purpose vehicle (LMPV) mereka. Padahal, LMPV tersebut saat ini masih dalam tahap pengembangan.


Mitsubishi sebelumnya telah menginvestasikan US$600 juta (Rp7,1 triliun) untuk membangun pabrik baru di Greenland International Industrial Center Deltamas, Bekasi, dengan kapasitas produksi 160 unit. Penanaman modal tersebut antara lain demi terjun di pasar LMPV pada 2017.Sebanyak 80 ribu unit dari kapasitas produksi total pabrik itu diperuntukkan bagi sang LMPV.

Executive GM PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Kosei Tamaki, di selasela IIMS 2014, membocorkan bahwa calon LMPV Mitsubishi ini bakal dikembangkan dari mobil konsepnya, AR-Concept. ARConcept, di IIMS 2014 juga menjadi salah satu `bintang panggung' gerai Mitsubishi. Yang pasti, imbuh Tamaki, nantinya akan ada LMPV dari Mitsubishi yang berbeda dengan LMPV yang sudah ada di pasar sekarang ini.

“Saya pikir basisnya sangat mungkin akan berasal dari AR-Concept, tapi masih ada tiga tahun lagi. Palu belum benarbenar diketuk,“ kilahnya untuk kembali memberi sedikit teka-teki.Delica D5 Saat ini Mitsubishi memang tengah gencar merevitalisasi model-model kendaraan penumpangnya untuk mengimbangi kepopuleran merek ini di segmen kendaraan komersial.

Operating GM Mitsubishi Motors Corporation Division KTB Duljatmono menyebutkan, Delica D5 yang diluncurkan di hari pertama IIMS 2014 merupakan bagian dari strategi memperkuat merek Mitsubishi, khususnya di MPV. Karena itu, Delica D5 `dibuat' lain daripada MPV sekelasnya.

Sekalipun berjenis MPV, di dalam Delica D5 telah disuntikkan gen SUV. Ground clearance tinggi, kemampuan menjelajah beragam medan, sampai tampilan muka nan jantan adalah sebagian ciri khusus MPV tujuh penumpang itu. Maka, Mitsubishi pun tak ragu menyebutnya sebagai sport utility MPV.

“Delica memiliki karakteristik MPV yang mencerminkan kenyamanan dan sifat-sifat SUV yang sporty serta dinamis,“ klaim Kosei Tamaki.

Nilai tambah yang paling mencolok ialah ground clearance yang paling tinggi di kelasnya. “Ground clearance 190 mm Delica sangat memudahkan pengemudi di kondisi jalan yang relatif kurang baik,“ ucap Head of Product Planning Department KTB Guntur Harling.

Untuk menyesuaikannya, Mitsubishi membenamkan long stroke suspension plus fitur active stability control (ASC) demi kenyamanan dan kestabilan. Suspensi depannya dikomandani oleh Mcpherson Strut ditambah stabilizer, sedangkan suspensi belakang dipercayakan pada Multi-Link plus stabilizer pula.

Sistem pengeremannya memiliki anti-lock breaking system (ABS) serta electronic brakeforce distribution (EBD). Fitur-fitur keamanannya antara lain Dual SRS Airbag di sisi pengemudi, penumpang depan, dan lutut, rib bone frame, hingga pedesterian protection.

Di sisi lain, performa Delica D5 mengandalkan mesin MiVEC 2.000 cc empat silinder. Pasangannya ialah transmisi CVT INVECS III 6 percepatan.Mesinnya, 4J11, adalah pengembangan dari mesin 4B11 milik Outlander Sport.

Dalam Delica D5 juga tersemat fitur-fitur andal semisal auto stop and go, paddle shift, serta cruise control.
Dengan auto stop and go, saat kendaraan terhenti sekitar 1 detik, mesin akan mati otomatis. Pedal gas tinggal dibejek agar mesin nyala kembali.

Kemewahan juga terpancar dari kemudi berbalut kulit, fitur hiburan smart auto system berbekal touch screen dan enam speaker, serta keyless operating system.

Duljatmono mengatakan MPV berbanderol Rp409 juta tersebut ditargetkan terjual sebanyak 150 unit sampai akhir tahun.(Xan/S-2) Media Indonesia, 25/09/2014, halaman 22

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar