13 April 2014

Blade dan Vario Anyar Tuntaskan Misi Honda

"Dengan lampu depan LED, desain lampu diperkecil sehingga lebih elegan. Juga, tidak lagi diperlukan penggantian bola lampu." Yasuyuki Maeda Honda Research and Development South East Asia Co Ltd

BLADE dan Vario menjadi penuntas misi pertama Honda di 2014, yakni membenamkan teknologi injeksi di seluruh model sepeda motor mereka di pasar roda dua nasional.

Pada Jumat (28/3) lalu, pabrikan asal Jepang itu meluncurkan New Blade dan New Vario FI yang telah memenuhi standar emisi gas buang Euro 3.

New Vario FI merupakan pengembangan termutakhir dari skuter matik Vario bermesin 110 cc. Di samping New Vario FI, Honda juga menyegarkan tampilan serta fi tur ‘kakaknya’, yakni Vario Techno 125 FI. Namun, perubahan tampang dan kemampuannya tak sedrastis ‘sang adik’.

“Vario 110 cc mengalami perubahan yang signifikan,“ buka General Manager of Marketing Planning and Analysis Agustinus Indra Putra dalam acara peluncuran yang berlangsung di Jakarta.

Apa saja? Honda Research and Development South East Asia Co Ltd Yasuyuki Maeda menjelaskan ada 11 perubahan pada tampilan plus fitur pada New Vario FI.

Yang pertama, tentu saja mesin 110 cc dengan teknologi injeksi PGM FI. Dengan itu, akselerasi, kecepatan maksimum menjadi lebih baik. Namun, yang amat terangkat ialah tingkat efisiensi bahan bakarnya.

“Konsumsi BBM New Vario FI lebih baik 26% daripada versi terdahulu,“ kata Maeda. Vario 110 cc karburator, ucap Maeda, menghabiskan seliter bensin tiap 44,75 km. New Vario FI ia klaim menenggak seliter bensin tiap 56,3 km.

Fitur utama lainnya yang dibaptiskan pada New Vario FI ialah lampu depan LED berdesain dual keen eyes yang 80% lebih terang.
“Dengan lampu depan LED, desain lampu diperkecil sehingga lebih elegan. Juga, tidak lagi diperlukan penggantian bola lampu sehingga bebas perawatan,“ papar Maeda.

Ada pula fitur combi brake system (CBS), magnetic key shutter dan seat opener button, hingga yang termutakhir ialah answer back system.

“Dengan menekan tombol di remote, winker berkedip dan memberitahukan posisi motor dengan bunyi,“ jelas Maeda soal skutik yang kini mengusung bagasi berkapasitas dua kali lipat (13 liter) itu.

Tangki lebih besar New Vario Techno 125 FI, di sisi lain, mengalami modifikasi tampilan yang lebih terkesan sporty, fitur CBS, rentang waktu pengisian bensin 30% lebih panjang akibat tangki BBM lebih besar (5,5 liter), juga bagasi 18 liter, sampai teknologi idling stop system. Konsumsi BBM diklaim 55,7 km/liter.

Bagaimana dengan New Blade?
Sepeda motor bebek itu, menurut Honda Research and Development South East Asia Co Ltd Indonesia Office Representative Eijiro Asakawa, lebih unggul di akselerasi, kehematan konsumsi BBM.

Itu semua berkat mesin PGM FI, dan striping balap yang terinsipirasi dari motor Moto-GP Honda. Untuk melengkapinya, knalpot pun dibuat lebih sporty.

“Konsumsi BBM 35,5% lebih baik daripada sebelumnya. Tangki bahan bakar 7,5% lebih besar sehingga jarak tempuh 30% lebih panjang,“ tutup Asakawa.

Harga New Honda Blade dibuka mulai Rp15.350.000, sedangkan New Vario FI dan New Vario Techno 125 FI masing-masing dibanderol mulai Rp15.200.000 dan Rp16.100.000 (on the road Jakarta). (Xan/S-2/MEDIA INDONESIA,10/04/2014, HAL : 22)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar