18 April 2014

KOTA BEKASI Pemkot Siapkan Rp150 Miliar untuk Tanggulangi Banjir

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, menyiapkan dana Rp150 miliar untuk proyek penanggulangan banjir yang pekerjaannya mulai dilakukan Juni mendatang.

Kepala Bidang Perencanaan Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbimata) Kota Bekasi Rosman mengatakan dana sebesar itu diambil dari bantuan provinsi dan APBD yang dialokasikan untuk Disbimata Rp509 miliar. Proyek itu akan dilelang dalam 1,5 bulan.

Menurutnya, proyek pe nanggulangan banjir terdiri dari beberapa pekerjaan. Di antaranya pembuatan tandon air di Kelurahan Pengasinan untuk meminimalisasi genangan air di sejumlah permukiman penduduk seperti Perumahan Pondok Hijau Permai, Narogong, dan Rawalumbu. “Anggaran yang disiapkan untuk kontruksi sebesar Rp 4 miliar,“ kata Rosman, kemarin.

Pekerjaan lainnya, yaitu perbaikan saluran air dan pemeliharaan tanggul sejum lah kali. “Pada Juni, pekerjaan fisik mulai dilakukan. Target rampung pada Desember atau sebelum puncak musim hujan,“ ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi optimistis proyek itu mampu mengurangi 30% titik banjir di kota tersebut. Pemkot Bekasi mencatat di wilayah itu terdapat 49 titik banjir.

Ia juga menjelaskan, penanganan banjir di Kota Bekasi dilakukan melalui upaya struktural, nonstruktural, dan kultural. Struktural melalui perbaikan infrastruktur perkotaan seperti perbaikan tanggul, normalisasi sungai, perbaikan darinase, dan penyediaan lahan resapan.

“Nonstruktural mengajak masyarakat memelihara lingkungan melalui pembuatan sumur resapan, lubang resapan biopori,“ katanya.
Sementara itu, upaya kultural yakni membudayakan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. (Gan/J-4/MEDIA INDONESIA, 12/04/2014, HAL: 8)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar