13 November 2014

Jelang Musim Hujan, Pohon Dipangkas

DINAS Pertamanan, Pemakaman, dan Penerangan Jalan Umum (DPPPJU) Kota Bekasi telah memangkas sekitar 500 pohon perindang yang rawan tumbang pada saat musim hujan.

“Sebagian pohon telah dipangkas, termasuk pohon yang menutupi lampu penerang jalan umum dan rambu lalu lintas di jalan protokol,“ kata Kepala DPPPJU Kota Bekasi, Makbulloh, pekan lalu. Pohon yang dipangkas antara lain yang tumbuh di pinggir Jalan Ir H Juanda, KH Noer Ali, Cut Meutia, Pekayon, dan Jalan Raya Sudirman.

Menurutnya, jumlah total pohon perindang yang tumbuh di jalan-jalan protokol di kota itu tercatat sebanyak 40 ribu. Selain mengecek kondisi pohon perindang dan memangkasnya, DPP PJU kini juga tengah memeriksa kondisi setiap baliho.

Hal itu dilakukan untuk memastikan konstruksinya tidak membahayakan. Baliho yang tidak memenuhi standar, ujarnya, akan langsung diberitahukan kepada pemiliknya untuk diperbaiki.

“Kalau pemberitahuan kami tidak ditanggapi, baliho langsung dihancurkan,“ katanya. Antisipasi pohon tumbang juga dilakukan di wilayah Jakarta Barat (Jakbar). Menghadapi musim penghujan yang semakin dekat, Suku Dinas Pertamanan Jakbar memangkas ribuan pohon yang dinilai terlalu rimbun. Sejak Januari hingga awal November, lebih dari 4.000 pohon yang tersebar di delapan kecamatan dipangkas.

Kepala Suku Dinas Pertamanan Jakbar Djauhar Arifin mengatakan pemangkasan pohon dilakukan sebagai antisipasi bila terjadi hujan deras disertai angin kencang. Pemangkasan dilakukan pada pohon-pohon yang tumbuh di tepi jalan wilayah hingga jalan protokol. Misalnya pohon yang tumbuh di sepanjang Jalan Daan Mogot, Joglo, Kyai Tapa, Kedoya Selatan, Outer Ring Road Kembangan, Tubagus Angke, dan Jalan Panjang.

Berdasarkan pengalaman di musim hujan terdahulu, dahan pohon patah dan terhempas ke jalan selalu mengakibatkan kemacetan lalu lintas.

“Pemangkasan pohon penting dilakukan mengingat musim hujan sebentar lagi. Tanaman terus bertumbuh sehingga harus terus dipantau dan dipangkas,“ ujar Djauhar, Selasa (4/11) pekan lalu. (Gan/Tes/J-3) Media Indonesia, 10/11/2014, halaman 8

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar